Selasa, 27 November 2018

Siapa Itu Founder? Lihat Arti Kata dan Pengertian Berikut


Pengertian dan Definisi Founder: Secara bahasa, Founder merupakan kata inggris yang berarti pendiri, penegak, pembina, tukang cor1. Adapun yang paling relefan dengan dunia bisnis dan perusahaan adalah arti pertama, yakni pendiri.

Istilah pendiri sendiri memiliki definisi sebagai orang (perseorangan) yang mendirikan sesuatu (perusahaan, bisnis, perkumpulan, dll.)2.

Pengertian Istilah Founder

Kata founder paling sering digunakan dalam dunia bisnis dan perkumpulan, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan dalam bidang lainnya. Ia adalah seseorang yang memiliki ide awal untuk mendirikan dengan berpegang pada gagasan, rencana, dan/atau ideologi tertentu.

Dalam hal ini, biasanya founder akan meminta bantuan seorang atau lebih untuk dapat mewujudkan cita-cita dari gagasannya. Orang yang membantu founder sejak awal biasa disebut sebagai co-founder.

Contoh Founder

Di Indonesia, kita dapat menemukan contoh founder dari sebuah bisnis/perusahaan dengan cukup mudah. Atau mungkin, di era sekarang kita juga biasa menjumpai adanya start-up. Adapun start-up unicorn yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar US Dollar, di antaranya yakni Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka.

Founder Go-Jek adalah Nadiem Makarim, founder Bukalapak adalah Achmad Zaky, founder Tokopedia yakni Wiliam Tanuwijaya, dan founder Traveloka yaitu Ferry Unardi. Keempat orang ini mendirikan start-up nya masing-masing dari awal, alias dari nol.

Mereka membangun perusahaannya tersebut dimulai dari gagasan/ ide. Kemudian seiring bertambah besarnya pasar yang mereka miliki, kini para founder ini telah memiliki investor potensial. Sehingga dapat menunjang setiap perkembangan bisnis ke depannya.

Kesimpulan

Founder adalah pendiri dari sebuah perusahaan, perkumpulan dan sebagainya. Founder merupakan orang yang memiliki ide awal dari suatu hal yang direncanakannya.

Daftar Pustaka

  1. Google Translate
  2. Wiktionary

Baca juga: Pengertian Bid dan Ask Dalam Trading

Penulis : Noval Irmawan
Editor : Noval Irmawan
Image : Noval Irmawan

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon